Secara umum rumah dapat diartikan sebagai tempat untuk berlindung atau bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya ( Hujan, Matahari, dll ) Serta merupakan tempat beristirahat setelah bertugas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Namun, pengertian rumah juga dapat ditinjau lebih jauh secara fisik dan psikologis. Dari segi fisik rumah berarti suatu bangunan tempat kembali dari berpergian, bekerja, tempat tidur dan beristirahat memulihkan kondisi fisik dan mental yang letih dari melaksanakan tugas sehari-hari. Untuk memulihkan kondisi tersebut tentu memerlukan kenyamanan terhadap rumah tersebut. Artikel saya kali ini akan membahas beberapa ide desain interior yang menarik untuk rumah anda

 1. Desain rumah minimalis

Rumah dengan desain minimalis memang selalu mnjadi desain rumah yang banyak dicari oleh masyarakat pada akhir akhir ini. Keindahan, kesederhanaan dan keeleganan desain ini adalah salah satu penyebab kenapa rumah dengan desain ini banyak dicari oleh masyarakat. Desain yang memungkinkan anda bisa membangun rumah dengan lahan yang tidak trlalu luas ini biasanya sangat diminati oleh keluarga baru yang belum banyak memiliki anggota keluarga.

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali


Rumah minimalis sederhana memang banyak di minati akhir akhir ini. Banyak type yang di tawar dari desain ini, hal ini memungkinkan anda memilih type rumah minimalis sesuai keinginan yang tentunya perlu di sesuaikan dengan kebutuhan dan yang paling penting harus anda pertimbangkan adalah masalah budget yang tentunya harus di sesuaikan dengan isi kantong dan kemampuan anda. Nah untuk memberikan gambaran kepada anda, berikut ini saya rekomendasikan beberapa gambar denah rumah minimalis sederhana dengan berbagai type :

  •     Denah rumah minimalis type 36
Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali


Rumah mimalis dengan type 36 merupakan salah satu type yang banyak  di cari di Indonesia. Terutama oleh keluarga baru yang baru memmilki sediit anggota keluarga, hal ini disebabkan karena rumah dengan type 36 adalah rumah yang dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas sehingga tentu saja rumah yang berdiri pun tidak terlalu besar.

Dalam mendesain rumah dengan type ini, anda benar benar harus mempertimbangkan setiap ruangan yang akan berada di rumah anda. Pasalnya rumah type 36 memiliki lahan yang sempit sehingga perlu pengaturan dan penempatan yang rafi dan tertata dengan baik untuk menghemat lahan. Meski pun di tuntut untuk menghemat lahan, namun bukan berarti anda harus mengurangi ruangan wajib  dalam rumah anda. Ruangan wajijb dalam rumah anda seperti ruang tamu, dapur, ruang makan, ruang keluarga dan kamar tidur adalah beberapa ruangan yang tidak bisa di lupakan. Sehingga untuk merancang rumah minmalis type 36 ini di perlukan pertimangan yang cermat, teliti dan seksama.

Dalam mendesain ruangan tidur dalam rumah ini, anda perlu mnyesuaikan jumlah anggota keluarga yang anda miliki. Dan tentunya hal tersebut harus di perhitungkan dengan luas lahan yang ada. Untuk rumah minimalis type 36, kamar tidur tentunya lebih baik tidak lebih dari 2 kamar. ( gambar type 36 )

  •     Denah rumah minimalis 2 lantai
Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali


Rumah minimalis yang bisa menjadi pilihan anda selanjutnya adalah rumah minimalis 2 lantai. Berbeda dengan rumah minimalis type 36, rumah minimalis 2 lantai justru banyak di cari oleh keluarga yang telah lumayan banyak memiliki anggota keluarga namun memiliki lahan yang tidak terlalu luas. Keluaga dengan jumlah anggota yang tidak sedikit tentunya memerlukan kamar tidur yang juga tidak sedikit. Rumah minimalius 2 lantai ini bisa menjadi alternatif karena anda bisa membuat beberapa kamar lantai atas.

Dalam mendesain rumah minimal dua lantai, anda dapat menggunakan ruang bawah untuk ruanagan pokok seperti ruang tamu, ruang keluarga,dapur, toilet dan atu kamar tidur utama. Sedangkan dilantai atas bisa anda gunakan untuk beberapa kamar tidur atau ruangan tambahan lainya seperti mushola dan perpustakaan. (gambar 2 lantai )

  •     Denah rumah minimalis type 45

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Bagi anda yang mengidamkan rumah dengan ruang yang lebih luas, mungkin rumah type 45 ini cocok untuk di jadikan rumah idaman. Selain lahan yag luas, rumah type ini sanagt banyak menawarkan kelebihan yang tentunya membuat rumah anda menjadi hunian yang sangat menyenangkan. Selain area hijau yang di canangkan oleh taman belakang mau pun tamn depan yang membuat rumah anda menjadi rumah sejuk, rumah dengan type 45 juga menawarkan beberapa kelebihan seperti rumah ini memungkinkan anda untuk memiki kamar lebih dari 2 karena lahannya yang lumayan luas selain itu, and adapt menyatukan bagian dapur dengan taman sehingga ruangan wajib seperti ruang tamu dan ruang kluarga bisa lebih luas.

Dalam mendesain ruamha minimalis dengan type 45 ini, tentunya harus tetap dilakukan dengan cermat, teliti dan yang terperting adalah sesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang anda miliki. ( gambar type 45 )

  2.   Desain rumah modern klasik
 Desain Rumah klasik modern merupakan salah satu model dan desain rumah yang disukai banyak orang dan penduduk moderen di zaman sekarang iuni. Biasanya rumah model klasik moderen ditemukan di lebih dari satu negara Eropa karena punya unsur dan arsitektur bangunan yang sangat kental dan juga khas.

Seiring berjalannya waktu, rumah-rumah berkonsep klasik moderen juga dikembangkan di semua penjuru dunia, juga di Indonesia. Biasanya penduduk yang tertarik dengan tempat tinggal klasik mengandalkan desain tempat tinggal yang satu ini untuk memberi kesan mewah dan elegan dari di dalam maupun luar bangunan.

Mulanya, desain dan model rumah klasik ini mengacu pada sebuah tehnik pembuatan desain yang diterapkan terhadap zaman Yunani dan Romawi kuno. Di era periode Helenistik dan juga kekaisaran Romawi, desain arsitektur bangunan klasik berjaya di tangan seorang arsitek ternama dari Romawi, yakni Marcus Vitruvius di abad pertama sebelum masehi.

Desain Rumah Klasik Jawa Modern

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Prinsip matematika yang dipakai di dalam membangun kuil dan classical order yang dikenalkan mengatakan bahwa type kolom-kolom dan desain simetris sangatlah mutlak di dalam menciptakan arsitektur bangunan klasik. Seiring berjalannya waktu, penerapan arsitektur klasik merambah untuk bangunan-bangunan tempat tinggal yang sampai saat ini masih berkembang secara pesat di semua penjuru bumi.

Desain Pagar Rumah Klasik Modern
Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Bila mengulas tentang arsitektur tempat tinggal klasik, kebanyakan dari satu kalangan tertuju pada type tempat tinggal dengan material kayu dan batu yang masih amat tradisional. Namun kini perkembangan arsitektur model rumah klasik ini sudah mengarah ke rencana yang jauh lebih moderen dan menarik.

Desain Rumah Klasik Jawa Modern

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Mulai dari aspek tiang, susunan batuan sampai atap yang digunakan udah muncul lebih sempurna dan juga detail. Karena itulah desain tempat tinggal klasik moderen yang berkembang saat ini condong lebih menambahkan kesan mewah dan elite.

Sama halnya dengan satu rencana rumah yang dipakai kala ini, tempat tinggal klasik moderen juga punya sifat dan beberapa ciri tersendiri yang tidak sama dengan katakter atau style tempat tinggal yang lainnya. Beberapa sifat atau ciri dari bangunan rumah klasik moderen antara lain sebagai berikut ini:

  •     Mempunyai pilar-pilar bangunan tempat tinggal yang besar dan juga muncul sangat kokoh.
  •     Memiliki bentuk yang sanagt identik di bagian atas pintu, menyerupai lengkungan yang  menambahkan  pengaruh megah.
  •     Mempunyai atap yang berwujud menyerupai kubah.
  •     Memiliki detil ornamen yang memang sangat rumit dan juga detail.
  •     Menunjukkan segi kemewahan dan kemegahan sebuah banguan.


3. Desain rumah kontemporer modern

Desain Rumah Kontemporer Yang Unik – Rumah Kontemporer menjadi trend konsep rumah hunian saat ini. Desain rumah yang penuh kreatifitas dan imajinatif membuat rumah kontemporer memiliki aneka gaya. Tentu saja dengan desain yang kaya, rumah kontemporer akan menjadi pilihan sebagai rumah idaman.  Tinggal bagaimana ide yang ingin dikembangkan dalam desain rumah tersebut.

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali

Interior Apartemen, Interior Bali, Interior Hotel Bali, Interior Kantor Bali


Desain Rumah Kontemporer yang Unik dapat menjadi pilihan tema. Sentuhan modern dengan kebebasan imajinasi menjadikan konsep rumah hunian terkesan terbuka. Sudah pasti ini akan berdampak bagus bagi kenyaman hidup para penghuninya, karena tentu saja itulah yang menjadi tujuan utama pembangunan rumah disamping nilai-nilai estetika didalamnya. Berikut ini kami hadirkan sebuah ide desain rumah kontemporer yang semoga dapat menjadi inspirasi bagi rumah anda.

Untuk pemilihan perabotan rumah pada desain interior kontemporer juga selalu nampak bersih dan rapi yang berbentuk lekukan lembut dan tegas. Rata-rata bahan material yang digunakan menggunakan kayu dan logam yang ringan dan hampir tidak memiliki detail.

Warna yang digunakan rumah ini pun biasanya pada palet dengan warna netral seperti hitam, abu-abu, coklat, dan putih. Sementara untuk aksennya, menggunakan warna yang mencolok untuk tirai atau karpetnya namun tetap harus menggunakan warna yang solid dan polos serta tidak memiliki banyak pola.

Kesan hangat dan modern adalah poin utama yang ingin dihadirkan pada desain rumah gaya kontemporer. Tentunya dalam hal ini faktor pencahayaan mempunyai peran penting untuk menampilkan bagian-bagian tertentu dalam ruangan yang ingin Anda tonjolkan. Contohnya penggunaan lampu sorot bisa untuk menyoroti titik fokus seperti lukisan atau patung yang menjadi vocal point pada ruangan interior rumah Anda.

Pemilihan gaya kontemporer untuk rumah tinggal dapat menghasilkan penampilan rumah yang rapi, bersih, hangat dan juga nyaman.

Itulah beberapa ide-ide desain interior rumah. Pembuatan jasa interior dibantu oleh tenaga ahli yang profesional dibidangnya dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga pengerjaan yang presisi akan menghasilkan produk yang memuaskan customer kami. Di bidang konstruksi, kami bertindak sebagai pengembang yang antara lain melakukan perencanaan, pelaksanaan pembangunan dan renovasi, pengawasan kontruksi beserta fasilitasnya termasuk juga pengurukan dan perataan lahan.


INTERIOR BALI | INTERIOR HOTEL BALI
INTERIOR BALI | MAX INTERIOR BALI
EMAIL  :maxinteriorbali@gmail.com
HP/WA : 0853-5663-3233


0 komentar :

Posting Komentar